Mengulas tentang khasiat tanaman

Sabtu, 02 Desember 2017

15 Khasiat dan Klasifikasi Rumput Teki Bagi Kesehatan

Khasiat Rumput Teki Untuk Kesehatan



khasiat dan klasifikasi rumput teki
rumput teki//pinterest.com


     Rumput teki (Cyperus rotundus) Adalah salah satu jenis tanaman hama yang banyak ditemui di sawah dan ladang. Bentuknya pada umumnya mirip dengan rumput biasa namun rumput teki tumbuh lebih tinggi dan daunnya lebih panjang dari pada rumput dengan ukuran yang normal. Mengapa rumput teki sering dianggap sebagai hama? sebabnya ialah karena rumput teki dapat menyerap unsur hara yang seharusnya unsur hara itu diserap untuk tanaman yang kita tanam atau kita rawat.

     Khususnya sawah dan ladang para petani harus rajin membersihkan tanaman-tanaman gulma seperti ilalang dan rumput teki jika tidak tanaman yang mereka tanam akan mengalami pertumbuhan yang kurang maksimal karena terserapnya unsur hara yang diambil oleh rumput teki dan tanaman ilalang lainnya. Meskipun rumput teki banyak dianggap sebagian orang sebagai tanaman hama di sisi lain rumput ini juga banyak memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh maniusia diantaranya fitokimia flavonoid,tanin,saponin patchoulenone,pektin,polifenol,rotundenne,sitosterol. Dan khasiat dari akarnya yang mengandung beberapa zat gizi seperti lemak,gula,karbohidrat,amilum,alkaloid,mineral,kalsium,mangan dan  magnesium.baca juga khasiat ampuh kenikir

  Perkembangbiakan

     Rumput teki berkembang biak dengan cara geragih. Geragih atau bisa juga disebut stolon adalah batang yang tumbuh dan menjalar di permukaan tanah. Tanaman baru akan tumbuh pada buku-bukunya dimulai dengan kuncup unjung yang menyentuh tanah kemudian membelok ke atas. Tunas-tunas tersebut akan tumbuh menjalar dan tidak lagi bergantungnp pada induknya.

    Rumput teki adalah salah satu tanaman yang berkembang biak dengan geragih, contoh tumbuhan lain yang berkembang biak dengan geragih ialah strawberi,arbei dan antanan. 

Klasifikasi Rumput Teki

khasiat dan klasifikasi rumput teki
klasifikasi rumput teki


Khasiat

Agar lebih jelas dalam memahami khasiat rumput teki berikut kami berikan rinciannya tentang khasiat rumput teki.

1. Mengobati Kencing Batu

 Khasiat daun rumput teki yang pertama yaitu dapat mengobati kencing batu. Daun rumput ini akan membantu tubuh anda untuk menyingkirkan kencing batu dengan kandungan alaminya yang berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit kencing batu.

2. Menyehatkan Saluran Kemih

Khasiat daun rumput teki yang selanjutnya ialah menyehatkan saluran kemih. Khasiat daun ini akan mengusir berbagai macam bakteri dan kuman serta kotoran yang menempel pada saluran kemih anda.

3. Melancarkan Haid

Khasiat daun rumput teki bisa digunakan untuk kaum hawa dalam mengatasi haid yang tidak lancar. Bagi anda para wanita yang mempunyai siklus haid yang berubah-ubah tiap bulannya patut mencoba ramuan daun rumput teki ini.

4. Mengatasi Susah Buang Air Besar 

Khasiat daun rumput teki juga dapat mengatasi gejala susah BAB atau buang air besar. pencernaan anda akan jauh lebih lancar dengan menggunakan daun ini sehingga BAB anda pun kembali lancar

5. Membantu Pembekuan Darah

Khasiat daun rumput teki bisa membantu tubuh untuk membekukan darah lebih cepat. Daun ini akan dengan alami menghentikan darah yang mengalir keluar dari dalam tubuh karena luka di kulit atau gejala mimisan.

6. Menambah Produksi Asi

Ibu menyusui dengan kapasitas asi yang tidak terlalu banyak pasti akan kebingungan bagaimana memberi asupan gizi pada bayinya. Untuk mengatasinya daun rumput teki bisa jadi solusi untuk melancarkan dan menambah produksi asi.

7.  Obat Bisul

Salah satu khasiat rumput teki sebagai obat luar yaitu ampuh dalam mengobati bisul. Daun ini mengandung senyawa aktif yang akan membuat bisul cepat kering sehingga lebih cepat disembuhkan.

8. Mengatasi Borok

Penyakit kulit lainnya yang dapat diatasi oleh daun rumput teki adalah borok. Salah satu cara untuk mengatasi borok yaitu dengan membuatnya menjadi cepat kering salah satunya mengunakan daun rumput ini yang berkhasiat untuk mengeringkan borok dikulit dengan cara daunnya ditumbuk lebih dulu setelah dicuci bersih lalu diletakkan pada luka yang terdapat borok.

9. Mengobati gatal Karena Alergi

Khasiat daun rumput teki juga bisa mengobati gatal di kulit. terutama gatal yang disebabkan oleh alergi tidak hanya itu jika anda juga gatal karena gigitan nyamuk gunakanlah dun ini untuk mengobatinya.

10. Mencegah Keputihan

Tidak hanya haid saja yang lancar. namun khasiat daun rumpit teki juga akan mencegah datangnya keputhan yang berlebih. daun ini akan mengatasi jamur yang menjadi ponyebab datangnya keputihan.

5 Khasiat dan manfaat daun rumput teki lainnya

  • obat nyamuk alami
  • mengatasi demam
  • mencegah infeksi saluran kemih
  • anti diare
  • baik untuk ibu menyusui
- Khasiat by www.khasiat.co.id

Itulah 15 khasiat dan manfaat dari tanaman rumput teki beserta perkembangbiakannya dan klasifikasinya semoga artikel ini semakin menambah wawasan buat kita dalam memahami dunia plantae.





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Disclaimer
  • TOS
  • About
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Kontak
  • Copyright © PUKUL 23 BLOG | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com