Mengulas tentang khasiat tanaman

Senin, 27 November 2017

8 Khasiat Ketela Pohon dan Klasifikasinya Yang Anda Masih Belum Tahu

Khasiat Ketela Pohon Bagi Kesehatan 


khasiat ketela pohon
ketela pohon//pinterest.com


   Pada kesempatan hari ini admin melalui artikel ini ingin mengulas tentang khasiat yang tersembunyi dari ketela pohon atau lebih sering kita sebut singkong. Ketela pohon (latin= Manihot esculenta) adalah salah satu jenis tanaman yang mudah sekali untuk di tanam yaitu cukup menanam saja bagian batang dari ketela pohon ini, beberapa hari kemudian maka tanaman ketela pohon pun akan tumbuh dengan sendirinya. Selain itu ketela pohon juga sering kita jumpai di kawasan ladang atau sawah sebagai tanaman selingan. Karena tanaman ini sengaja di tanam petani di saat mereka tidak menanam padi sehingga petani dapat menanam berbagai macam sayur-sayuran termasuk ketela pohon ini.  
  
    Pada jaman dahulu ketela rambat digunakan sebagai makanan pokok yang sangat nikmat mengingat pada saat itu perekonomian masih lemah sehingga rakyat jarang ada yang menanam padi. Maka dari itu mereka banyak yang menanam singkong untuk dijadikan makanan alternatif pengganti padi.

   Seiring perkembangan jaman ketela pohon tidak hanya bisa dimakan dengan cara direbus saja tapi juga bisa diolah dengan bentuk lain misalnya keripik singkong dan tape yang sampai saat ini masih banyak disukai oleh kalangan masyarakat umum. Bahkan sampai saat ini banyak perusahaan tepung tapioka yang juga berbahan dasar ketela pohon atau singkong.

Pengolahan

   Ketela pohon dapat dimakan mentah. Kandungan utamanya yaitu pati dan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Pada keadaan tertentu terutama pada saat teroksidasi akan terbentuk glukosida racun yang selanjutnya membentuk asam sianida (HCN).
   
  Sianida ini akan memberikan rasa pahit. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilo gram umbi segar dan 50 kali lebi banyak pada umbi yang rasanya pahit. Proses pemasakan  dapat secara efektif menurunkan kadar racun.

Penggunaan

   Dimasak dengan berbagai cara singkong banyak digunakan pada berbagai masakan. Direbus untuk menggantikan kentang dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan sebagai pengganti tepung gandum yang berkhasiat untuk obat bagi pengidap alergi gluten.

Kadar Gizi

Kandungan gizi per 100 gram meliputi
  • kalori 121 kal
  • air 62,50 gram
  • fosfor 40,00 gram
  • karbohidrat 34,00 gram
  • kalsium 33,00 gram
  • Vitamin C 30,00 gram
  • protein 1,20 gram
  • besi 0,70 gram
  • lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 gram
Morfologi

   Perdu bisa mencapai 7 meter,dengan cabang agak jarang. Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengan 2-3 cm dan panjang 50-80 cm tergantung dari klon/kultivar. 

    Bagian dalam umbi berwarna putih atau kekuning-kuningan. Ketela pohon tidak tahan simpan walau sudah ditaruh di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai munculnya warna biru gelap akibat asam sianida yang bersifat racun bagi tubuh manusia.

Klasifikasi

khasiat dan klasifikasi ketela pohon
klasifikasi ketela pohon




Khasiat

Khasiat ketela pohon meliputi :

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

    Ketela pohon mengandung beta karoten yang menjadi bahan utama dari manfat anti oksidan. Selain itu mengandung vitamin B kompleks zat besi dan fosfor. Semua kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga kekebalan dan daya tubuh seseorang.
 
     Dengan mengkonsumsi ketela pohon secara teratur bukan tidak mungkin penyakit akan menjauhi tubuh anda. Apalagi ditambah dengan pola hidup sehat tentu saja lebih dapat menjaga daya tahan dalam jangka waktu lama.

2. Mencegah Peradangan dan Pembengkakan


     Pembengkakan atau peradangan disebabkan karena kuman penyakit yang telah menginfeksi bagian tubuh tertentu. Tentu saja pembengkakan tersebut disertai rasa nyeri untuk mencegah pembengkakan seperti itu bisa dengan mengkonsumsi ketela pohon karena mengandung zat anti peradangan seperti betakaroten,magnesium dan vitamin C.


     Bahkan bahan ketela pohon yang dibuat menjadi ramuan tertentu secara efektif dapat meredakan peradangan.

3. Menjagah Keseimbangan Cairan di Dalam Tubuh


    Ketela pohon yang cukup berserat dapat membantu menahan cairan di dalam tubuh untuk keluar. Dengan begitu keseimbangan cairan di dalam tubuh ikut terjaga. Hal ini sangat penting karena sebagian tubuh dari manusia terdiri atas cairan dalam bentuk yang berlainan.


   Jika kekurangan atau kelebihan secara umum dapat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. manfaat makanan berserat seperti ketela pohon ini juga banyak di jumpai misalnya pada buah misalnya buah jambu biji dan jeruk.

4. Suplemen Alami Pembangun Otot Tubuh


   Bagi yang sedang melakukan program body bulding atau pembentukan badan dengan otot-otot yang lebih menonjol dan terbentuk biasanya melakukan olaraga fitness. Hal ini disertai dengan mengkonsumsi suplemen tertentu yang dapat membuat ketagihan pada tubuh.


   Namun masalahnya setelah mengkonsumsi elemen seperti itu,dan anda menghentikan konsumsinya maka tubuh akan terasa lemas. Oleh karena itu coba untuk mengkonsumsi ketela pohon yang bisa meningkatkan pertumbuhan massa otot. Hal itu dikarenakan ketela pohon mengandung karbohidrat,mineral dan vitamin yang dapat diserap otot dengan mudah. Dengan mengkonsumsinya tubuh tidak akan mengalami efek samping negatif. Seperti mengkonsumsi suplemen yang berbahan komia.

5. Menyembuhkan Penyakit Bronkitis

    Penyakit bronkitis dengan gejala batuk-batuk yang tidak kunjung sembuh tentu saja harus segera diobati agar tidak semakin kronis. Anda bisa memulai mengobatinya dengan mengkonsumsi ketela pohon. pasalnya ketela pohon mengandung zat besi,vitamin C serta nutrisi lainnya ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit bronkitis saat mengkonsumsinya rasa manis dan hangat dapat dirasakan siapapun yang mengkonsumsinya.

6. Mencegah Terjadinya Kanker

    Jangan pernah menyepelekan ketela pohon yang hanya dianggap makanan orang desa. Hal itu dikarenakan ketela pohon mengandung anti oksidan,beta karoten,vitamin C dan anti karsinogen. Khasiat ketela pohon bagi kesehatan ini dapat mencegah penyakit. Terutama penyakit kanker usus halus,kolon,ginjal,prostat dan organ dalam lainnya.

    Jika anda belum mempercayainya anda bisa buktikan sendiri dengan mengkonsumsi ketela pohon secara teratur dijamin tubuh anda akan semakin sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Meredakan Radang Lambung

    Radang lambung biasanya dialami oleh orang yang pola makannya tidak teratur setiap hari. Ditambah mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. hal itu menambah peradangan lambung semakin parah sementara itu ketela pohon yang mengandung beta karoten,vitamin C,vitamin B kompleks,kalsium dan kalium dapat menjaga kesehatan pada organ lambung dan usus.

     Sifat anti peradangan yang dikandung oleh ketela pohon dapat menimbun asam lambung yang bisa menyebabkan penyakit maag kronis atau jenis penyakit lainnya. Dengan mengkonsumsi secara teratur akan mencegah dan menyembuhkan masalah peradangan pada lambung.

8. Mengatasi Diabetes

    Penderita diabetes harus menghindari makanan dan minuman yang manis-manis agar kadar gulanya bisa stabil. Beberapa makanan berkabohidrat seperti nasi atau roti perlu dihindari oleh penderita diabetes. Mereka bisa menggantinya dengan ketela pohon pasalnya ketela pohon cukup efektif untuk membantu sistem sekresi dan mempengaruhi produksi insulin.

    Sehingga kadar gula dalam peredaran darah bisa terjaga kestabilannya. Namun demikian dalam mengkonsumsinya juga harus memperhatikan aturan serta pola makan sehari-hari, untuk lebih amannya anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebi dahulu sebelum mengkonsumsinya. -Khasiat dihimpun dari www.manfat.co.id


Itulah tadi kawan-kawan mengenai khasiat dan klasifikasi ketela pohon yang sebenarnya yang kita tahu manfaatnya hanya sebagai makanan pengganti nasi tapi dibalik itu semua ketela pohon menyimpan khasiat yang luar biasa bagin kesehatan kita.






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Disclaimer
  • TOS
  • About
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Kontak
  • Copyright © PUKUL 23 BLOG | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com