Mengulas tentang khasiat tanaman

Sabtu, 26 Agustus 2017

Klasifikasi dan Khasiat Daun Bayam Duri

                 Pagi GUysss semoga pagi ini kita tetap diberikan kesehatan serta perlindungan oleh Allah SWT. Dan amalan positif kita hari ini semoga dicatat sebagai amal baik .

khasiat bayam duri
Gbr.bayam duri/obatnaturals.blogspot.com
                Langsung saja guyss hari ini kita membahas dari yang hal-hal sederhana dulu ya sesuatu yang ada di sekitar kita yang justru kita tidak tau sesuatu itu sebenarnya bermanfaat buat kita.

   Pastinya kita pernah liat tumbuhan yang tumbuh di semak-semak,di tegal maupun di sawah terutama tumbuhan bayam duri.

   Biasanya kita sebut bayam liar yang juga mempunyai nama latin (Amaranthus Spinousus),sering dianggap sebagai tumbuhan hama karena mirip dengan semak-semak apalagi tumbuhan ini memiliki duri dibatangnya. Sebelum kita membahas khasiat tumbuhan ini baiknya kita perlu tahu dulu ciri morfologi dari bayam duri ini.




 MORFOLOGI BAYAM  DURI
     
    Bayam duri memiliki nama latin (Amaranthus Spinousus), bayam duri memiliki akar yang lunak (akar tunggang) sehingga batangnya mudah dicabut, tinggi tumbuhan bisa mencapai 1 meter dan bagian pangkal memiliki duri sehingga disebut bayam duri.

   Tumbuhan ini termasuk familia Amaranthaceae,dapat dikembangbiakan melalui bijinya, bayam duri tumbuh baik di tempat yang mempunyai cukup sinar matahari dengan suhu antara 25-35 celcius. Daun bayam duri banyak mengandung zat bermanfaat seperti vitamin B6,vitamin K,vitamin C,vitamin A, zat besi,tannin,fosfat,amarantin,peridoksin,dsb

Klasifikasi Bayam Duri

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (dikotil)
  • Ordo : Caryophyllales
  • Famili : Amaranthaceae
  • Genus : Amaranthus
  • Spesies : Amaranthus Spinosus L

Agar tidak salah dalam memahami khasiat bayam duri beriku kami berikan tentang khasiat dan manfaat dari tanaman tersebut.

Khasiat dan Manfaat Bayam Duri 

  1.  Mencegah Gangguan Pernapasan
Daun bayam duri juga memiliki khasiat sebagai pencegah maupun obat untuk penyakit pernapasan atau bronkhitis cara pengolahannya yaitu siapkan semua bagian dari bayam duri baik daun,batang,akar dan bunganya. Cuci sampai bersih lalu iris-iris,selanjutnya rebus semua bahan dari bayam duri tadi dengan 1 liter air tunggu hingga mendidih sampai air menyusut hingga setengahnya. Minumlah rutin air rebusan bayam duri pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal,bisa juga menambahkan gula gun menambah cits rasanya.

   2. Melancarkan ASI

Untuk memperlancar ASI juga bisa memanfaatkan olahan dari daun bayam duri yang juga berguna menambah produksi ASI. carannya siapkan semua bagian bayam duri mulai dari daun,akar,batang dan bunga lalu tumbukla semua bahan itu hingga halus kemudian oleskan pada bagian payudara hingga dua hari sekali dan produksi ASI pun kembali lancar.

   3. Mengobati Bisul

Daun bayam duri juga berguna untuk mengobati sakit bisul untuk mengobatinya cobalah menggunakan daun bayam duri yang sudah dihaluskan lalu oleskan ke kulit yang terkena bisul.

   4. Mengobati Wasir

Wasir adalah penyakit dengan kondisi otot bengkak di bagian anus untuk mengatasinya cobala dengan memakai daun bayam yang sudah ditumbuk untuk mengobatinya, daun bayam duri yang sudah haluskan berguna untu meredahkan kejang otot dibagian anus yang menyebabkan wasir.

   5. Mengobati Kencing Nanah

Penyakit kencing nanah terjadi karena disebabkan bakteri ataupun virus yang terjadi di saluran kemih. Yang di sebabkan terlalu seringnya berganti-ganti pasangan saat melalukan seksual. Penyakit ini juga ada obat herbalnya salah satunya dengan bayam duri caranya siapkan akar dan bonggol bayam duri cuci ampai bersih lalu potong kasar kemudian rebus hingga mendidih dan jangan lupa air rebusannya di saring dulu, minumlah olahan akar bayam duri pagi dan sore untuk hasil yang maksimal.

6. Obat TBC

Siapa sangka jika daun bayam duri memiliki khasiat dalam mengobati penyakit TBC. Penyakit ini adalah jenis penyakit yang menyerang pernapasan ,kegunaan bayam duri ini untuk mengusir bakteri penyebab TBC.

7. Obat Eksim

Khasiat bayam duri juga ampuh mengatasi penyakit eksim anda bisa mengobatinya dengan rutin mengkonsumsi daun bayam duri tersebut.

8. Melancarkan Pencernaan

Khasiat bayam duri juga ampuh untuk melancarkan pencernaan. Kandungan alami dalam akar sayuran ini bekerja seperti serat yang akan membantu mengikat sisa makanan di dalam pencernaan.

9. Mencegah Penyakit Sembelit

Manfaat bayam duri juga ampuh untuk mencegah penyakit sembelit. Akar dari bayam ini akan melindungi kesehatan pencernaan sehingga penyakit sembelit tidak akan menyerang tubuh anda dan mengganggu kesehatan tubuh.

10. Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Kaum wanita yang memiliki masalah keputihan berlebih perlu mewaspadai gejalanya. Keputihan yang berlebih merupakan gejala gangguan organ intim kewanitaan,anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi akar bayam duri.

11. Mencegah Penyakit Diare

Khasiat bayam duri selanjutnyab yaitu ampuh mencegah penyakit diare. Kandungan alami akar bayam ini mengandung anti bakteri yang membunuh bakteri E.coli yang menjadi penyebab sakit diare.

12. Mengobati Penyakit Anemia

Salah satu jenis penyakit yang bisa anda sembuhkan dengan bayam duri ialah anemia. Akar dan daun tanaman ini mengandung zat besi yang akan membantu memproduksi sel darah merah sehingga anemia pun bisa disembuhkan.

13. Obat Letih dan Lesu

 Atasi letih dan lesu dengan mengkonsumsi akar bayam duri. Akar dari bayam duri ini bisa anda gunakan untuk penambah stamina yang akan membuat anda lebih kuat  dan semangat menjalani aktivitas sehari- hari.




 Manfaat Bayam Duri lainnya

  • Mengobati gusi berdarah
  • menurunkan demam
  • Penambah darah
  • Melancarkan haid

Nah Sobat sekarang kita sudah mengerti akan pentingnya khasiat tumbuhan yang sering dia anggap hama ini. Dan semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan kita. Terima kasih.



Artikel tambahan recomended by www.khasiat.co.id

Share:
  • Disclaimer
  • TOS
  • About
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Kontak
  • Copyright © PUKUL 23 BLOG | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com