Mengulas tentang khasiat tanaman

Minggu, 13 Agustus 2017

PESONA MENIRAN YANG TAK BANYAK ORANG TAHU

             Klasifikasi dan Khasiat Meniran



           Sekilas tanaman ini daunnya mirip dengan  daun pohon asem. Karena ukurannya yang mini Meniran seringkali di anggap tanaman yang tak lebih dari rumput seperti tanaman hama namun siapa sangka tanaman ini di anugrahi oleh Allah SWT dengan beberapa khasiat yang berguna untuk kesehatan manusia.

    Menurut Prof. Dr. Sumali WiryoWidagdo,Apt, Kepala Pusat Studi Obat Bahan Alami Departemen Farmasi Fakultas MIPA Univ.Indonesia. Tanaman meniran adalah tanaman tegak yang mempunyai tinggi 0,5-1 meter,dan dapat tumbuh di berbagai tempat sehingga mudah kita jumpai di sekitar kita. 

    Meniran tumbuh liar di sekitar rumah,di samping pagar bersama dengan tanaman herbal lainnya. Walaupun tumbuh liar tanaman ini mempunyai khasiat yang berguna bagi tubuh.
khasiat dan klasifikasi meniran
Gbr,Meniran



 CIRI KHAS MENIRAN

          Meniran memiliki morfologi batang yang berbentuk bulat dan bersifat basah bentuk dan bentak daun yang tunggal dan bersirip genap setiap tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang mempunyai ukran kecil dan berbentuk lonjong. 

   Mempunyai buah yang rasanya pahit serta bunga yang terdapat di ketiak daun dan mempunyai nama latin Phyllantus Nirui L. Dari suku Euophorbiaceae. Di negara kita sendiri umumnya tumbuh subur di pekarangan rumah yang tidak terawat,di sawah maupun di tepi sungai, tanaman ini sudah di gunakan sebagai obat di negara lain diantaranya India,Cina,Malaysia dan Amerika.

Klasifikasi Meniran



Khasiat Meniran :
       Menurut Prof Sumali,komponen yang terkandung dalam meniran mengandung :
senyawa flavonoid:kuersetin,kuersitrin,isokuersitrin,astragalin,ruitn,kaemferol, dalam bentuk bebas dan terikat sebagai glikosida,senyawa lignan : filantin,nirantin,nirtetralin dan senyawa alkaloid : entnorsekurinin. yang bergunan untuk penyembuhan penyakit seperti kencing batu,infeksi saluran kemih,influenza,demam,sakit gigi,sakit perut dan sakit kuning.
   Cara penyajian ramuannya rebus 15-30 mg meniran kering atau 30-60 meniran  segar  lalu air rebusannya diminum, selain itu ada cara lain dalam pengolahan  meniran yakni ditumbuk lalu peras.air yang terkumpul lalu diminum. bisa juga digunakan sebagai anti bakteri bacillus septilis, E colikarena kandungan didalam meniran mengandung phyllantin,hypophylantin.

1. Mengobati Demam

Khasiat daun meniran ampuh mengatasi demam. Daun ini cocok untuk diberikan kepada penderita demam yang panasnya tidak turun dalam beberapa hari.

2.Mengatasi Gangguan Kencing

Khasiat daun meniran juga mampu mengatasi penyakit gangguan kencing  yang tidak lancar. Kandungan senyawa dalam daun ini mampu menetralisir saluran kencing dan membersihkannya dari kuman dan bakteri.

3. Anti Hepatitis

Khasiat daun meniran juga ampuh mencegah penyakit hepatitis. Penyakit yang satu ini bisa anda cegah dengan menggunakan daun ini dan membuat tubuh anda lebih kuat dari serangan penyakit.

4. Mencegah Ayan

Khasiat daun meniran juga dapat mencegah salah satu gangguan kesehatan yaitu penyakit ayan. Rebuslah daun meniran dengan beberapa gelas air kemudian anda minum air rebusan tersebut untuk sekali teguk.

5. Mengobati Rabies

Siapa sangka daun meniran juga ampuh untuk mengobati rabies yang diakibatkan oleh anjing. Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan daunnya bersama air rebusan daun tempuyung dan sendok.

6. Mengatasi Malaria

Cobalah untuk mengatasi malaria dengan cara herbal. Anda bisa merebus daun meniran dengan beberapa daun cengkeh dan kayu manis. Minumlah dengan teratur setiap hari sampai malaria sembuh.

7. Obat Asam Urat

Khasiat  daun meniran untuk mengobati asam urat didukung olehb kandungan alaminya yang cocok untuk menyehatkan urat pada tubuh anda.

8. Anti Rematik

Penyakit yang satu ini dapat diobati dengan daun meniran. Rematik menyerang tulang padav tubuh anda sehingga akan terasa nyeri. Daun meniran mengurangi rasa nyeri tersebut dan mengobatinya.

9. Mencegah Diabetes

Kegunaan lain dari daun meniran yaitu menjadi bahan herbal untuk mengatasi diabetes. bila anda sudah didiagnosa  terjangkit penyakit ini bisa mengkonsumsi daun meniran untuk mengontrol kadar gula dalam darah anda.

10. Membantu Memperkuat Sistem Imun

Berdasarkan penelitian tanaman meniran ini cukup baik untuk tubuh kita,salah satunya membantu memperkuat sistem imun. Sebab dalam meniran terdapat zat yang membantu untuk merangsang aktivitas imuno modulator seringlah mengkonsumsi meniran agar sistem imun didalam kita akan semakin kuat terhadap virus dan bakteri.

11. Mempunyai Sifat Anti Peradangan

Dalam meniran ternyata tidak hanya fokus terhadap sistem imun saja. Masi ada keistimewaan lain  salah satunya adalah adanya zat yang membantu sebagai zat anti peradangan. Ketika tubuh anda  terdapat luka dan terserang virus atau bakteri biasnya akan menyebabkan radang karena luka tadi jika dibiarkan terus-menerus akan mengakibatkan penyakit serius seperti infeksi maka perbanyaklah mengkonsumsi meniran karena tanaman ini mempunyai zat anti peradangan.

12. Mengatasi Rasa Nyeri

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Brazil. Bahwa terdapat manfaat yang terkandung dalam tanaman meniran sebab tanaman ini mampu menunjukan berbagai jenis senyawa yang terisolasi dari tanaman genus Phyllanthus. Beberapa zat yang bekerja dengan baik seperti flavonoid yang didalamnya termasuk quersetin,tanin misalnya adalah geraniin dan fosin dan fitosterol yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah meredakan rasa nyeri awalnya penelitian ini dilakukan pada hewan tikus.

13. Baik Untuk Penderita Deuretik

Masalah ginjal dan air kencing bukanlah masalah yang terlalu serius. Namun jika dibiarkan terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan kita. Karena kencing berfungsi membuang racun pada tubuh kita dan zat yang tidak berguna semakin lama zat yang tidak berguna ini berada didalam tubuh penderita maka racun pun akan berbahaya bagi tubuh kita. Salah satu fungsi meniran adalah  memiliki kandungan zat yang mampu meningkatkan volume urin sehingga racun dan zat yang tidak berguna tadi bisa keluar dari tubuh.

14. Mengobati Radang Sendi

Meniran baik untuk dikonsumsi berbagai usia  apalagi bagi para manula yang sering memiliki masalah sendi  dan nyeri pada punggungnya. Cobalah untuk mengkonsumsi tanaman meniran. Sebab didalamnya terdapat senyawa dibencylbutirolactone  zat ini mampu berguna sebagai salah satu  zat anti inflamasi.

 Manfaat lain Meniran
  • Anti kanker
  • Mencegah disentri
  • Obat batuk
  • Mengobati rabun senja
  • Obat digigit serangga
  • Menngatasi kencing batu
  • Anti kanker

  Demikianlah terkait artikel ini  mengenai manfaat meniran sebagai salah satu obat herbal bagi kesehatan manusia,, semoga artikel ini bisa membawa manfaat untuk kita semua.


artikel pendukung by materipertanian.com  // khasiat.co.id dan manfat.co.id
Share:
  • Disclaimer
  • TOS
  • About
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Kontak
  • Copyright © PUKUL 23 BLOG | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com