Mengulas tentang khasiat tanaman

Rabu, 13 September 2017

Khasiat Binahong yang Tersembunyi

Klasifikasi Tanaman Binahong dan Khasiatnya

klasifikasi dan khasiat binahong
Gbr. Binahong


     Jenis tanaman rambat sangat banyak kita jumpai dari mulai buah,sayuran hingga tanaman liar, seperti anggur,melon,semangka dll dan pada kesempatan hari ini saya ingin mengupas salah satu tanaman rambat yang kaya akan manfaat.

    Tanaman ini adalah "binahong" latin=(Basella Rubra Linn) sering di anggap sebagai tanaman liar yang kerap di temui di pinggir jalan maupun disekitar rumah yang menjalar sebagain orang sengaja menanamnya karena sadar akan manfaatnya sebagai tanaman herbal dan juga tanaman ini daunnya bisa dikonsumsi dengan mie instan untuk menambah rasa lezatnya (termasuk saya pernah mencobanya).

   Tanaman ini mampu tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi dengan sinar matahari yang cukup di percaya tanaman ini berasal dari Korea dan banyak dimanfaatkan pasukan Vietnam saat Perang melawan AS sebagai obat alternatif yang ampuh.

   Di negara cina pun banyak masyarakatnya sudah paham akan khasiat binahong untuh digunakan sebagai obat herbal dan mereka menyebutnya dengan nama Deng San Chi begitu juga di jauh tepatnya di negara Madagaskar masyarakatnya menggunakan binahong sebagai sarana pengobatan. 
   
    Seluruh bagian dari tanaman binahong dapat dimanfaatkan untuk obat namun yang banyak diolah adalah bagian daunnya. Zat-zat yang terkandung dalam binahong sangat banyak diantaranya
  • Saponin,merupakan senyawa aktif yang menyerupai sabun yang terdapat  pada daun binahong pelarutan dari senyawa ini sebagai anti bakteri,anti mikroba dan anti virus. Saponin juga dapat membentuk kolagen yang berfungsi sebagai protein untuk menyembuhkan luka.
  • Alkaloid, merupakan zat yang mempunyai sifat hipoglikemik yang diperluhkan bagi penderita diabetes karena sebagai penurun gula darah.
  • Anti Oksidan, merupakan zat yang berperan penting dalam memerangi zat karsinogen untuk menangkal radikal bebas. dan zat lain yang terkandung adalah, minyak atsiri,asam oleanolic dan asam askorbat yang selebihnya juga berperan sebagai pengobatan.baca juga klasifikasi dan khasiat mengkudu
Morfologi Tanaman Binahong
  • Batang binahong lemah,bercabang lunak dan tidak berkayu
  • batangnya merayap dan mengeluarkan akar
  • memiliki daun  tunggal dengan letak yang berseling
  • memiliki bunga majemuk yang tumbuh diketiak daun  berukuran sekitar 3-21 cm
  • mahkota bunga berwarna putih dengan ujung berwarna ungu
Klasifikasi Tanaman Binahong

klasifikasi binahong
Gbr.Klasifikasi Binahong


Agar anda tidak salah dalam memahami tentang khasiat tanaman binahong berikut kami berikan tentang khasiat dari tanaman ini.

Khasiat Binahong


1. Melancarkan Haid


Melancarkan Haid, bagi para wanita yang menstruasinya tidak lancar bisa menggunakan ramuan binahong untuk mengatasinya carannya rebus 3 daun binahong dicampur air sebanyak 2 gelas rebus hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas, minumlah ramuan itu setiap hari.


2. Obat Kanker

Mengobati Kanker, daun binahong mengandung banyak anti oksidan yang dapat mencegah radikal bebas penyebab kanker. Caranya dengan merebus 30 gr daun binahong didalam 1 liter air mendidih rebus hingga air tersisa 600 ml,air rebusan tersebut diminum dengan dosis 200 ml untuk tiap kali minum.


3. Mengobati Maag

Mengobati Sakit Maag, kandungan daun binahong juga dapat menyembuhkan sakit maag,caranya dengan merebus 3 gelas air dan 5-7 daun binahong, air rebusan yang sudah matang diminum sebanyak 3 kali sehari sebelum makan.


4. Mengobati Disentri

Mengobati Disentri, untuk mengobati kelainan buang air besar ini bisa dengan membuat ramuan binahong dengan merebus 10 daun binahong yang daunnya sudah dicuci bersih rebus daun tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih lalu sisakan air rebusan menjadi 1 gelas,minum ramuan tersebut sampai disentri hilang


5. Mengobati Sakit Paru-paru

Mengobati Sakit paru-paru, untuk mengobati sakit paru-paru dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong,caranya ambil 10 daun binahong lalu rebus hingga mendidih. Minumair rebusan tersebut setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6. Mengatasi Batuk

Daun binahong juga ampuh dalam mengatasi penyakit batuk. anda bisa mengambil daun binahong secukupnya kemudian diseduh dengan air hangat lalu minum tengorokan anda akan lebih segar dan batuk pun akan lebih cepat sembuh.

7. Mencegah Sesak Nafas


Khasiat daun binahong sangat efektif untuk mencegah sesak nafas. Daun binahong akan membuat pernapasan anda menjadi lancar sehingga kinerja paru-paru pun akan lebih baik dari sebelumnya dan akan sangat cocok pula diberikan kepada penderita asma.

8. Mencegah Tekanan Darah Rendah

Kegunaan daun binahong sering dijadikan obat untuk mencegah menurunnya tekanan darah. Penyakit ini akan membuat anda mudah letih dan lemas,untuk mencegahnya gunakanlah ramuan daun ini dengan rutin agar tekanan darah anda normal kembali.

9. Menyehatkan Paru-paru

Daun binahong akan memberikan pengaruh baik pada paru-paru anda. Salah satu manfaat daun ini yang patut anda coba ketika anda memiliki masalah yang serius dengan kesehatan paru-paru anda dan organ pernapasan lainnya.

10. Memulihkan Stamina

Stamina yang sering berkurang akan membuat tubuh anda menjadi terasa miudah lelah. Hal ini tentunya akan mempengaruhi aktifitas anda sehari-hari. Cobala membuat ramuan herbal yang terbuat dari daun binahong konsumsilah secara rutin agar stamina anda kembali penuh dan anda lebih bersemangat saat beraktifitas.

11. Mempercepat penyembuhan Luka

Khasiat daun binahong juga sangatb ampuh dalam membantu menyembuhkan luka. gunakan balutan daun binahong yang sudah dicuci bersih dan dihaluskan lalu letakkan pada bagian luka, maka luka pun akan lebih cepat kering dan cepat sembuhnya.
Selain manfaat diatas daun binahong juga dimanfaatkan untuk obat kencing manis,radang ginjal,darah rendah,mimisan bahkan ibu yang habis melahirkan. Daun binahong yang dipilih sebagai obat harus juga diperhatikan usahakan memilih daun yang tidak terlalu muda atau terlalu tua juga bisa juga mengambil daun yang posisinya di urutan  ke 4 sampai ke 7 dari pucuknya untuk mendapatkan senyawa terbaik dari daun binahong.

demikian manfaat daun binahong yang sangat banyak bagi kesehatan yang  disampaikan melalui artikel ini, semoga membawa manfaat.

Referensi : manfaatdaun.com // wikipedia.org 



Share:
  • Disclaimer
  • TOS
  • About
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Kontak
  • Copyright © PUKUL 23 BLOG | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com