Mengulas tentang khasiat tanaman

Senin, 11 September 2017

TERUNGKAP!!! Khasiat dan Kandungan Kemangi Bagi Kesehatan

Klasifikasi dan Khasiat Kemangi

klasifikasi kemangi
Gbr. Kemangi//tanobat.com


       Bagi pecinta kuliner khususnya makanan yang membutuhkan lalapan pastinya kenal dengan tanaman yang satu ini. Benar sekali nama tanaman ini yaitu "kemangi" yang banyak digunakan masyarakat sebagai penyedap masakan,khususnya sebagai lalapan karena aroma daunnya yang khas namun lembut dengan aroma limau. Tanaman ini banyak ditanam disekitar pekarangan rumah maupun tumbuh liar di sepanjang jalan,umumnya tanaman ini digunakan sebagai tanaman budidaya seperti taman toga.
     
   Ekstrak daun kemangi memiliki sifat anti oksidan dan antti bakteri. Vitamin K-harum kemangi yang segar mengandung dosis yang sehat dari pembekuan darah dengan adanya vitamin K. Setiap 2 sendok kemangi cincang segar menyediakan 27% dari rekomendasi vitamin K,serta vitamin A,mangan dan magnesium.

    Kemangi termasuk hibrida antar spesies antara dua spesies selasih,ocimum,basilium dan O. Aroma Khasnya berasal dari kandungan sitral tinggi pada daun dan bunganya.

Morfologi Kemangi

     Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tegak dengan cabang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. Bungannya tersusun di tandan yang tegak,daunnya panjang tegakberbentuk taji atau bulat telur,berwarna hijau muda dan berbau harum.

    Ujung daun bisa tumpul atau juga bisa tajam panjangnya mencapai 5 cm, permukaan bergerigi atau juga rata wanginya seperti cengkeh dan rasanya pahit.

Penyebaran dan Habitat

    Spesies ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Di pulau Jawa kemangi ditanam di kebun -kebun ,di pot depan rumah sebagai tanaman toga atau tanaman obat. walaupun demikian  hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Asalnya belum dapat diketahui secara pasti. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga  pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakannya melalui biji.

Klasifikasi Kemangi

klasifikasi kemangi
Gbr. Klasifikasi kemangi

Agar tidak salah dalam memahami khasiat kemangi berikut kami berikan tentang khasiat tanaman tersebut.

Khasiat Kemangi



1. Sebagai Anti Oksidan


Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polivenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diuji di vitro laboratorium untuk kemungkinan perlindungan anti oksidan melawan lipid radiasi oksidasi dalam hati tikus.


2. Anti Bakteri

Daun kemangi dapat digunakan sebagai minyak esensial seperti eugenol,sitronerol,citral,limonene dan terpineol, senyawa ini diketahui sebagai anti inflamasi dan anti bakteri.
Ramuan daun kemangi juga mengandung zat penting seperti beta karoten,vitamin A,lutein dan zea xhantin. Senyawa ini membantu tubuh bertindak melawan radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif yang berperan sebagai penuaan dan dan berbagai proses penyakit.


3. Penguat Tulang

Vitamin K dalam kemangi sangat pentik untuk banyak faktor dalam darah dan memainkan peran penting dalam fungsi tulang termasuk penguatan tulang dengan membantu proses mineralisasi pada tulang.


4. Mencegah Jerawat

Manfaat daun  kemangi mencegah timbulnya jerawat karena dapat memurnikan darah dan membuang racun , daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat dikonsumsi sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.


5. Obat Rambut Rontok

Daun kemangi juga bisa digunakan untuk orang yang bermasalah dengan rambut rontok. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut menjaga kulit kepala tetap dingin sehingga mengurangi masalah rambut rontok dan mengurangi gatal dikepala.



6.  Menambah Hemoglobin Dalam Darah

Daun kemangi merupakan sumber yang baik dari zat besi yakni sekitar 3,17 mg/ 100 gr daun segar (sekitar 26% dari RDA). Zat besi menjadi  komponen dari hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan  kapasitas pembawa oksigen didalam darah.



7. Pencegahan Komedo

Daun kemangi juga bisa mencegah datangnya komedo, daun kemangi pada sisi bagian atas ditempelkan pada setiap sisi hidung selama 5 menit setelah itu dilapas dan cuci muka.



8. Obat Untuk Infeksi Kulit

Karena sifatnya yang anti bakteri dan anti biotik sehingga daun kemangi bisa membatasi pertumbuhan bakteri E.coli dan B antrhacis yang menyebabkan infeksi kulit. 



9. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah yang umum terjadi karenan gatal kulit di kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan dengan minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala agar menjaga kulit kepala tetap dingin mengurangi gatal dan merangsang pertumbuhan rambut baru dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

10. Untuk Vitamin K

Fungsi vitamin K yang terkandung dalam kemangi sangat penting untuk banyak faktor dalam darah dan memainkan peran penting dalam fungsi tulang. Termasuk penguatn tulang dalam membantu proses mineralisasi pada tulang.

11. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Daun Kemangi mengandung magnesium dan beta karoten yang berperan penting dalam kesehatan jantung. Magnesium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh organ jantung,kemangi juga kaya akan antioksidan yang juga berperan penting dalam kesehatan jantung. Menurut beberapa penelitian zat yang terkandung dalam kemangi mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

12. Mencegah Kemandulan

Kemangi memiliki zat arginin yang manfaatnya membuat daya hidup sprema semakin kuat sehingga mencegah kemandulan, kemangi juga cocok untuk pasangan yang belum memiliki keturunan.

13. Melancaran Aliran Darah

Khasiat kemangi untuk membantu melancarkan peredaran darah dan jantung agar rileks, itu dikarenakan kemangi memiliki kandungan magnesium.

14. Mengobati Sariawan

Penyebab terjadinya sariawan yaitu mulut tergigit,kebersihan mulut yang tidak terjaga,daya tahan tubuh melemah,kelainan pencernaan dan pasta gigi yang tidak cocok dengan mulut,konsumsi makanan terlalu panas atau asam. Cara pengobatan sariawan dengan kemangi sangat sederhana yaitu cukup dengan mengunyah daun kemangi selama 3 menit dan jangan lupa di cuci terlebih dulu,lalu minumlah air hangat lakukan 1-3 kali sehari.

15. Mengurangi Bau Keringat

Apabila mampunyai masalah dengan bau keringat, maka cobalah mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan selama seminggu dan rasakan khasiatnya. Bau keringat anda akan berkurang setelah itu.


Manfaat lainnya dari Tanaman Kemangi

  • Memperlancar aliran darah
  • Mencegah kemandulan
  • Mengobati sariawan
  • Mengurangi bau keringat yang berlebih
  • Mengobati penyakit kulit seperti panu
  Itulah  beberapa khasiat dari tanaman kemangi dan klasifikasinya semoga artikel ini bisa bermanfaat.  baca juga klasifikasi dan khasiat mengkudu.

Recomended by: wikipedia.org  // manfaat.co.id
Share:
  • Disclaimer
  • TOS
  • About
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Kontak
  • Copyright © PUKUL 23 BLOG | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com